Penulis : Josse

MALAKA, faktahukumntt.com – 19 Oktober 2022

Banyak yang tidak mengetahui gebrakan awal Kadis Pertanian Kabupaten Malaka, drh. Januaria Maria Seran yang akrab dikenal Dokter Yeni. Beberapa gebrakan awal dilakukan untuk percepatan Program Swasembada Pangan di Kabupaten Malaka khususnya komoditi tanaman pangan untuk musim tanam satu.

drh. Yeni ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (19/10/22) siang mengatakan baru lima hari berkantor di Dinas Pertanian yang sebelumnya dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Kadis TPHP, Stefanus Nahak Klau, S.Pi. “Kondisi kantor dinas, seperti begini. Saya sudah temui para kepala bidang untuk cek. Apakah kita siap bekerja atau tidak. Jangan berpikir yang muluk. Program ada, yah harus dieksekusi,” kata drh. Yeni.

Dalam percepatan program swasembada pangan, kata Dokter Yeni sudah dilaksanakan rapat persiapan musim tanam satu. “Sesuai undangan, kita sudah laksanakan rapat bersama para camat, koordinator penyuluh, mantri tani dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Malaka, Silvesterb Leto, S.H.,M.H,” lanjutnya.

Disebutkan, beberapa rekomendasi sesuai hasil rapat yang berlangsung di aula Kantor Bupati Malaka, Selasa (18/10/22) pagi di antaranya target olah lahan seluas 791 hektar yang tersebar di 12 wilayah kecamatan. Ratusan lahan seluas itu diidentifikasi dan dibagi per wilayah kecamatan sesuai akomodasi bahan bakar minyak (BBM) yang tersedia. “Luasan lahan yang diolah itu dikurangi, karena kenaikan harga BBM,” ujarnya.